7 Manfaat Kesehatan Dari Chamomile

      Comments Off on 7 Manfaat Kesehatan Dari Chamomile

Manfaat Kesehatan Chamomile
Ramuan dari chamomile memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya secara tradisional, termasuk dengan bapak kedokteran sendiri, Hippocrates. Chamomile biasanya digunakan dalam bentuk rebusan, ekstrak cair, atau minyak esensial yang dibuat dari bunga segar atau kering.

Chamomile berpotensi memainkan peran dalam pencegahan kanker tiroid. Chamomile, yang berasal dari tanaman Camellia sinensis, memiliki beberapa manfaat farmakologis, termasuk:

  • Antibakteri
  • Antijamur
  • Anti-inflamasi
  • Antispasmodic
  • Anti-ulkus
  • Antiviral
  • Efek sedatif

Selain itu, chamomile dapat membantu mengatasi hal-hal sebagai berikut:

1. Luka dan Gigitan serangga

Chamomile adalah salah satu herbal yang paling memiliki efek menenangkan dari semua jenis obat herbal, apakah digunakan dalam teh atau dioleskan pada kulit Anda.

Hal ini disebabkan karena chamomile kaya bioflavonoid apigenin, luteolin, dan quercetin, dan digunakan oleh orang Yunani kuno, Romawi, dan Mesir sebagai salep untuk pengobatan luka.

Penelitian menunjukkan tikus yang minum air chamomile sembuh lebih cepat daripada yang tidak, mungkin karena efek ramuan sebagai anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan. Chamomile bahkan telah terbukti menyembuhkan luka dengan tingkat penyembuhan lebih cepat daripada kortikosteroid.

2. Diabetes
Teh chamomile dapat menjadi pilihan yang sangat baik bagi penderita diabetes, sebagai salah satu studi hewan menunjukkan chamomile menyebabkan penurunan yang signifikan pada tingkat glukosa darah antara tikus yang mengalami diabetes, sementara juga menurunkan risiko komplikasi diabetes termasuk diabetes neuropati (kerusakan saraf), katarak, kerusakan penglihatan, dan kerusakan ginjal.

3. Otot Kejang, Stres, dan Kecemasan

Teh chamomile meningkatkan kadar glisin Anda, yang membantu otot Anda menjadi tenang. Glycine juga merupakan relaksan saraf, yang mungkin menjelaskan mengapa chamomile juga efektif untuk menghilangkan stres dan kecemasan. Secara tradisional, teh chamomile juga disarankan untuk menenangkan kram akibat menstruasi.

4. Tidur
Chamomile memiliki efek sedatif yang dapat membantu tidur, yang mengapa teh chamomile sering diminum sebelum tidur. Satu studi menemukan bahwa orang dengan insomnia yang mengambil suplemen chamomile memiliki perbaikan dalam fungsi tidur sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik.

Chamomile secara luas dianggap sebagai obat penenang ringan dan obat tidur. efek sedatif ini mungkin karena flavonoid apigenin yang mengikat reseptor benzodiazepine di otak.

5. Gangguan Pencernaan
Sebagai relaksan otot, chamomile dapat membantu untuk menenangkan sakit perut dan bahkan mungkin bermanfaat untuk sindrom iritasi usus.

Chamomile digunakan secara tradisional untuk berbagai kondisi pencernaan, termasuk gangguan pencernaan, kejang atau kolik, sakit perut, perut kembung (gas), bisul, dan iritasi gastrointestinal. Chamomile sangat membantu dalam menghilangkan gas, menenangkan perut, dan relaksasi otot-otot yang menggerakkan makanan melalui usus.

6. Wasir
Chamomile memiliki efek anti-inflamasi yang kuat, dan salep chamomile dapat membantu menyembuhkan wasir. Chamomile juga dapat digunakan dalam bentuk tingtur sebagai bagian dari mandi untuk meredakan wasir.

7. Iritasi Kulit
Efek menenangkan chamomile ini tidak berhenti pada meningkatkan suasana hati Anda. Karena efek anti-inflamasi, chamomile sering digunakan untuk mengobati iritasi kulit seperti terbakar dan ruam, dan dapat membantu dengan kondisi seperti eksim juga. Dalam satu studi eksim, chamomile ditemukan menjadi sekitar 60 persen seefektif krim hidrokortison.