Cara Meningkatkan Dopamin Agar Tidak Merasa Sedih, Stres atau Depresi Lagi

      Comments Off on Cara Meningkatkan Dopamin Agar Tidak Merasa Sedih, Stres atau Depresi Lagi

Cara Meningkatkan Dopamin
Otak kita melepaskan neurotransmitter, dopamin, yang sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh yang penting.

Dopamin sangat bagus untuk fungsi tubuh sebagai berikut:
• Mengatur gerakan
• Mengontrol pusat kesenangan di otak
• Meningkatkan fungsi kognitif (pengetahuan, perhatian, memori, pengambilan keputusan, evaluasi, pemecahan masalah)
• Mengatur sekresi prolaktin

Karena itu dopamin sangat penting untuk kesejahteraan dan kebahagiaan kita. Penurunan tingkat dopamin menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti depresi, kesedihan, pikiran negatif dan berbagai masalah emosional.

Untungnya, ada 10 cara yang efektif untuk meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh, tanpa menggunakan obat-obatan:

1. Olahraga

Pelaksanaan olahraga setiap hari meningkatkan kadar dopamin, serotonin, dan endorfin. Olahraga teratur memberikan kebahagiaan, memperkuat tubuh, mengurangi stres.

2. Hindari Kecanduan

Kecanduan alkohol, obat-obatan, perjudian, dan bahkan berbelanja, memberikan kesenangan instan, tapi itu bukan solusi permanen. Kebahagiaan yang dihasilkan hanya sementara memenuhi kebutuhan kita.

Selain itu, kecanduan mengubah gaya hidup kita dalam mendukung sumber kecanduan, dan itu adalah siklus jahat. Oleh karena itu, Anda harus mencoba dan menurunkan risiko pengembangan kecanduan, menikmati hidup, dan menemukan hal-hal yang memberikan ketenangan yang lebih dalam dan kebahagiaan. Juga, sangat penting untuk menikmati pekerjaan Anda.

3. Detoksifikasi
Pastikan Anda secara teratur mendetoksifikasi sistem tubuh anda. Akumulasi racun dan bakteri dalam tubuh mencegah produksi dopamin dan melemahkan kekebalan.

4. Meningkatkan Tirosin

Tirosin adalah salah satu dari 22 asam amino esensial yang digunakan untuk pembuatan protein. Hal ini sebenarnya bahan kimia yang paling penting untuk produksi dopamin.

Selain dopamin, juga memiliki potensi untuk meningkatkan kadar norepinefrin. Dalam rangka untuk meningkatkan kadar dalam tubuh, Anda harus mengonsumsi teh hijau, semangka, almond, pisang, alpukat, dan dark chocolate.

5. Musik
Kadar dopamin juga dapat ditingkatkan melalui mendengarkan musik, meskipun mungkin hanya berlaku jangka pendek. Oleh karena itu, menggunakan musik merupakan cara yang umum untuk meningkatkan kadar dopamin.

6. Mengatur hidup Anda
Tingkat dopamin dibangkitkan dalam tugas kecil yang terorganisir sehari-hari, meskipun mereka sulit dilakukan. Anda harus menulis tugas Anda di selembar kertas, dan memeriksa mereka. Dengan cara ini, Anda akan puas karena Anda perhatikan bahwa Anda menyelesaikannya satu per satu.

7. Kreativitas

Tingkat dopamin di otak juga meningkat dengan aktivitas kreatif. Ini juga akan membuat Anda tetap fokus. Anda tidak perlu menjadi seorang seniman yang dikenal dunia tetapi cobalah menari, menyanyi, menulis, memahat, melukis, menggambar, memasak, merajut, membuat kerajinan, dan memperbaiki mobil, dan Anda akan merasa jauh lebih baik segera.

8. Liburan
Merencanakan liburan mirip dengan mengorganisir tugas-tugas, dan mencapai mereka. Hal ini akan meningkatkan kadar dopamin, dan membuat Anda lebih bahagia dan puas.

Anda harus menggunakan kalender, menulis tujuan Anda, dan rencana kapan harus menyelesaikan mereka. Segera setelah Anda menyelesaikan tugas, menandainya dari pada kalender Anda. Di sela-sela kegiatan rutin itu, sempatkanlah untuk mendapatkan waktu liburan untuk menyegarkan pikiran Anda.

9. Suplementasi
Kadar dopamin juga dapat ditingkatkan melalui suplementasi, seperti:
• Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, efektif meningkatkan dopamin di otak.
• Ginkgo Biloba memiliki potensi untuk meningkatkan kadar dopamin juga.
• Asetil-l-tirosin adalah sebuah zat penyusun dopamin, sehingga dosis yang sehat mendukung produksi dopamin di otak.
• L-theanine meningkatkan berbagai neurotransmitter di otak, termasuk dopamin. Teh hijau merupakan sumber yang kaya l-theanine.

10. Meditasi
Meditasi meningkatkan kadar dopamin dengan cara yang berbeda dari olahraga. Melakukan meditasu akan meningkatkan suasana hati Anda, menciptakan energi mental, dan menenangkan pikiran. Meditasi adalah cara yang efisien untuk mengurangi stres setiap hari.